Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Riau mulai mendistribusikan naskah ujian nasional (UN) Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat ke kabupaten/kota se-Riau. Hal ini dikatakan Ketua UN Riau, Abdul Kadir, didampingi Sekretaris panitia UN, Zudi Santoso, saat melepas pendistribusian naskah UN SMA sederajat tahap awal di Pekanbaru, Senin (28/3). Kata Kadir, tahapan awal diperuntukan bagi remote area terjauh dan sulit, yakni Indragiri Hilir (Inhil), Rokan Hilir (Rohil), Bengkalis, dan Meranti.

Kadir, yang menjabat sebagai Pelaksana Tugas Sekretaris Disdikbud Riau ini berkata “Empat daerah ini kita dahulukan pengirimannya hari ini, dikarenakan kawasan ini tergolong jauh dan memiliki geografis sulit. Untuk Kabupaten Bengkalis, kitamendistribusikan dalam tiga titik, yakni Bengkalis, Mandau, dan Bukit Batu,”

Tahap kedua pada Selasa (29/3), terang Kadir, pendistribusian naskah UN untuk Kota Dumai, Kuansing, Siak, dan Rokan Hulu (Rohul). Lalu, tahap ketiga pada Rabu (30/3) dilakukan ke Kabupaten Kampar dan Pelalawan. Terakhir, tahap keempat pada Kamis (31/3) dilakukan ke Kota Pekanbaru.

“Dalam pendistribusiannya kita melibatkan aparat kepolisian, sehingga keamanan lebih terjaga,”jelasnya.

Untuk persiapan pelaksanaan UN sendiri, menurut Kadir, persiapan sekolah menggunakan ujian nasional berbasis komputer atau Computer Based Test (CBT) sejauh ini tidak ada kendala. Bahkan, pihaknya sudah mensosialisasikan kepada sekolah yang menerapkan CBT tersebut.

“Sekolah di Riau menggunakan ujian CBT berjumlah 57 sekolah, yakni SMA 17 sekolah dengan peserta 3.615 siswa, dan SMK 40 sekolah dengan 9.180 siswa,” ucapnya.Sementara Zudi Santosa menambahkan, penggandaan naskah soal UN ini dicetak sesuai dengan peserta UN Riau tahun ini.

“Artinya, tidak ada penambahan pengiriman naskah UN ke kabupaten/kota. Sebab sebelum pengirimannya sudah disortir tim khusus, sehingga kerusakan naskah dipastikan tidak ada,” paparnya.

Peserta UN SMA sederajat Riau tahun ini berjumlah 67.737 orang. Rinciannya, SMA 38.268 siswa, SMK 14.151, MA 9.052 siswa, SMALB 32 siswa, dan Paket C 6.234 siswa.

–dikutip dari https://www.riau.go.id/home/content/2016/03/29/5365-disdikbud-riau-distribusikan-mulai-soal-un-sma —