Peragaan Busana Pahlawan yang diadakan pada bulan Bahasa yang diadakan di SMAN 1 Tembilahan digelar sangat meriah. OSIS selaku Pantia dan bekerja sama dengan seluruh oraganisasi untuk membuat acara Bulan Bahasa salah satu kegiatan yang digelar adalah peragaan busana Pahlawan. Banyak Pahlawan yang di peragakan termasukan lah sikapten kita Kapitan Pattimura. Ada yang sudah tau siapa kapten tersebut ?. tentu sudah tau ya. Beliau merupakan salah satu pahlawan nasional yang sangat gigih melawan penjajah Belanda. Mengenai profil Pattimura, Beliau memiliki nama asli Thomas Matulessy ada juga yang mengatakan nama aslinya adalah Ahmad Lussy, beliau lahir di Hualoy, Seram Selatan, Maluku pada tanggal 8 Juni 1783. Beliau meninggal di Ambon, Maluku, 16 Desember 1817 pada umur 34 tahun.

Ia adalah putra Frans Matulesi dengan Fransina Silahoi. Adapun dalam buku biografi Pattimura versi pemerintah yang pertama kali terbit, M Sapija menulis, “Bahwa pahlawan Pattimura tergolong turunan bangsawan dan berasal dari Nusa Ina (Seram). Ayah beliau yang bernama Antoni Mattulessy adalah anak dari Kasimiliali Pattimura Mattulessy. Yang terakhir ini adalah putra raja Sahulau. Sahulau merupakan nama orang di negeri yang terletak dalam sebuah teluk di Seram Selatan”.

Banyak busana yang di tampilkan termasuk lah ibu kita kartini, bapak pendidikan, bahkan presiden pertama kita adalah Ir.Seokarno.

Tujuan diadakan kegiatan tersebut adalah untuk menumbuhkan rasa nasionalisme siswa-siswi terhadap pahlwan nasional yang telah berjuang untuk kemerdekaan republik indonesia. Maju lah SMAN 1 Tembilahan dengan tetap berpegang teguh bangasa dan negara.