Pagelaran adalah suatu kegiatan dalam rangka mempertunjukkan karya seni kepada orang lain (masyarakat umum) agar mendapat tanggapan dan penilaian. Pergelaran adalah bentuk komunikasi antara pencipta seni (apresian) dan penikmat seni (apresiator). Dalam arti bahwa, para seniman menciptakan karya seni bertujuan untuk mengaktualisasi seni yang diciptakan, sedangkan bagi penikmat seni dapat menjadi bahan apresiasi.

Kegiatan pagelaran bagi siswa-siswi SMAN 1 Tembilahan merupakan suatu kegiatan rutinitas dan adalah suatu bentuk pembelajaran bagi siswa-siswi SMA Negeri 1 Tembilahan dalam bidang seni sehingga kegiatan ini diharapkan bisa membentuk keperibadian yang kreatif dan sautu pengalaman dari kreativitas, kemampuan musikal, tanggungjawab, pengenalan jati diri terutama dalam hal karya seni.100

Bentuk pagelaran dapat disajikan secara bermacam-macam. Penyajian pagelaran tunggal disebut solo dilakukan oleh Ayu dengan Judul “wanita Putus Asa”. penyajian pagelaran secara berkelompok dapat di sebut ensambel . Dalam ensambel itu sendiri dapat disesuaikan dari jumlah penyaji seperti grup PBB (persatuan babu-babu) yang di tampilkan secara meriah. Dua orang penyaji dalam pagelaran disebut duet, tiga orang penyaji disebut trio, empat orang penyaji disebut kwartet, lima orang penyaji disebut kwintet dan seterusnya, sedangkan penyaji yang tampil dalam jumlah besar bisa disebut group.