Hari ini, Jumat 15 April 2016, Google mengganti tampilan pada halaman depan mesin pencarinya dengan gambar Doodle dari Samaun Samadikun. Siapa Samaun Samadikun yang hari lahir ke-85 diperingati Google Doodle hari ini ?

Setelah Hargatop coba telusuri, faktanya ternyata Samaun Samadikun memiliki gelar yang luar biasa yakni seorang Profesor dan Doktor. Prof. Dr. Samaun Samadikun dikenal sebagai bapak Mikroelektronika Indonesia.
Sebelumnya Prof. Samaun hanya dikenal didunia pendidikan apalagi buat mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB). Karena Samaun adalah seorang guru besar di ITB.

Padahal jasa yang diberikan dibidang teknologi sangat besar untuk bangsa dan negara Indonesia. Bandung High Technology Valley (BHTV) adalah salah satu program yang diprakarsai oleh Samaun.

Samaun menginginkan Bandung menjadi ‘Kota Chip’. Hal itulah yang membuat ilmuwan yang lahir di Kabupaten Magetan, Jawa Timur, pada 15 April 1931 ini menginginkan industri elektronik Indonesia maju.

Tidak main-main, Samaun Samadikun bahkan pernah menciptakan paten bersama temannya k.D Wise, yakni Us Patent No 3.888.708 dengan tajuk “Method for forming regions of predetermined in silicon”.

Selain pernah menyenyam pendidikan di ITB, Samaun juga berhasil menamatkan studinya di Universitas Stanford dengan gelar M.Sc tahun 1957 dan Ph.D di tahun 1971.

Sebagai pendidik, ternyata Samaun Samadikun juga pernah berkarir di dunia politik Indonesia yakni menjadi Anggota MPR RI sebagai Utusan Golongan selama lima tahun yakni pada tahun 1987-1992.

Dari sana, Samaun mendorong pemerintah Indonesia untuk berorientasi ekspor khususnya di industri elektronik supaya negara bisa menghasil devisa.

Sebagai pendidik dan ilmuwan, tidak sedikit penghargaan yang diterima Samaun baik dari pemerintah RI juga dari tingkat internasional.

Beberapa diantaranya adalah penghargaan dari pemerintah Indonesia berupa medali Pengabdi Ilmiah Nasional pada tahun 1978, dan Medali Mahaputra Utama pada tahun 1994. Sedangkan penghargaan secara internasional di bidang ilmu pengetahuan diantaranya “The 1998 Award of the Association of South Eastern Asian Nations (ASEAN)”.

Prof Samaun meninggal pada 15 November 2006. Atas jasa-jasanya di bidang teknologi, makanya hari ini Google Doodle merayakan HUT Samaun Samadikun ke-85.

http://news.hargatop.com/2016/04/15/siapa-samaun-samadikun-di-google-doodle-hari-ini/4123410.html